4 Cara Mengobati Ambeien secara Alami

Ambeien merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah di daerah sekitar anus atau dubur. Pembengkakan pembuluh darah ini disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah balik (vena) di sekitar anus sehingga aliran darah menuju anus terhalangi. Kebiasaan yang sering dilakukan sehingga dapat menyebabkan ambeien seperti terlalu sering duduk, terlalu sering mengejan, obesitas, kurangnya asupan serat, dan sebagainya.

4 Cara Mengobati Ambeien secara Alami

Apabila ambeien tidak segera diatasi atau diobati, ambeien dapat semakin membesar dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi penderita ambeien. Langkah medis dalam mengatasi ambeien adalah dengan melakukan operasi. Berat atau ringannya operasi tergantung pada tingkatan ambeien serta jenis ambeien yang diderita. Namun, kebanyakan orang sangat menghindari tindakan operasi. Terdapat beberapa cara mengobati ambeien tanpa operasi.

Cara Mengobati Ambeien secara Alami

1. Menggunakan Kulit Manggis

Manggis adalah buah yang banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak serta mengandung berbagai kandungan senyawa yang sehat bagi tubuh. Selain itu, ternyata kulit buah manggis juga mengandung banyak senyawa yang mampu mengatasi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh.

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang dapat berperan sebagai anti oksidan, anti peradangan, anti bakteri, anti diabetes, anti kanker, serta anti plasmodial. Turunan dari senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit buah manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Kandungan senyawa ini dapat membantu mengobati ambeien.

Cara penggunaan:

  1. Keringkan kulit manggis dengan cara menjemur atau mengeringkannya dengan suhu yang tidak terlalu tinggi
  2. Rebus kulit manggis dengan air
  3. Minum air rebusan kulit manggis dua kali sehari
  4. Menggunakan Daun Sirsak

2. Sirsak

Sirsak merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Selain buahnya yang enak, daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati ambeien. Daun sirsak mengandung senyawa anti-bakteri yang dapat membantu menyembuhkan ambeien.

Cara penggunaan:

  1. Ambil 5 lembar daun sirsak dan cuci hingga bersih
  2. Rebus daun sirsak dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air menjadi sekitar 1 gelas
  4. Biarkan hingga dingin, kemudian minum 2 kali sehari
  5. Menggunakan Daun Ungu atau Handeuleum

3. Daun Ungu

Tanaman yang sebagian besar bagian tubuhnya berwarna ungu ini dapat digunakan untuk mengobati ambeien. Kandungan senyawa alkaloid yang tinggi dalam daun ungu dapat berperan sebagai anti inflamasi dan mengobati ambeien. Daun ungu juga mengandung senyawa anti peradangan yang membantu penyembuhan ambeien.

Cara penggunaan:

  1. Ambil daun ungu secukupnya
  2. Rebus dengan air hingga volume menjadi setengahnya
  3. Minum air rebusan dua kali sehari
  4. Menggunakan Bunga Pagoda

4. Bunga Pagoda

Bunga Pagoda banyak ditanam sebagai penghijau dan pengindah taman atau pagar. Akan tetapi, ternyata bunga pagoda memiliki khasiat dalam mengobati ambeien. Bunga pagoda mengandung senyawa-senyawa aktif yaitu saponin, polifenol, alkaloid, dan flavonoid. Kandungan senyawa-senyawa ini dapat berperan sebagai anti inflamasi dan anti peradangan, sehingga dapat mempercepat penyembuhan ambeien.

Cara penggunaan:

  1. Ambil bunga pagoda secukupnya, lalu cuci hingga bersih
  2. Rebus bunga pagoda hingga volume air menjadi setengahnya
  3. Minum ramuan ini dua kali sehari

Demikian beberapa cara untuk mengobati ambeien secara alami tanpa melakukan operasi. Selain cara-cara di atas, pola hidup yang sehat juga menjadi kunci utama dalam mencegah dan mengobati penyakit di dalam tubuh kita. Dengan pola yang sehat, maka penyakit akan tersingkir dari tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Reply