Beginilah Perkembangan Janin 3 Bulan Beserta Bentuknya

 

Beginilah Perkembangan Janin 3 Bulan Beserta Bentuknya

Ketika seorang wanita sedang hamil, tumbuh kembang janin pasti selalu menjadi hal yang telah mengundang rasa penasaran. Walaupun di sisi lain perkembangan buah hati di dalam kandungan itu terkadang menakutkan. Sebab biasanya trimester pertama kehamilan dari usia 1 sampai dengan 3 bulan itu janin masih begitu rentan dan juga beresiko. lantas seperti apa perkembangan janin 3 bula itu? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Anda sebenarnya tak perlu khawatir, sebab selama anda bisa menjaga dan dapat memperhatikan kesehatan dan memenuhi semua asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan, maka anda tak perlu mengkhawatirkan kondisi janin anda. Pada usia 3 bulan kehamilan sama seperti bulan sebelumnya, tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan berlangsung dengan cepat.

Seperti Apa Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Mungkin anda merasa penasaran sebenarnya ketika janin sudah berusia 3 bulan di dalam kandungan itu bentuk dan perkembangannya seperti apa. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Pada periode ini ukuran rahim anda sudah mengembang dan janin sudah mencapai sekitar 83 mm. Di samping itu anda bisa menemukan organ janin sudah mulai terbentuk dan juga berkembang. Pada masa ini ibu hamil sudah dapat melihat organ tubuh misalnya tulang dan juga syaraf janin serta bagian otak yang tumbuh lebih sempurna.

Organ-organ vitalnya sudah terbentuk dengan baik begitu pula dengan organ-organ di dalam perutnya dan juga organ-organ di bagian luar tubuhnya.

Di minggu ini, gerakan-gerakan menendang janin juga sudah semakin terasa seiring dengan semakin membesarnya ukuran janin. Tidak hanya itu di usia ini janin juga sudah mulai mengalami cegukan. Tenang cegukan yang dialami janin merupakan fase yang normal untuk memperkuat organ pernapasan dan juga bagian ototnya.

Perubahan Kondisi Ibu Saat Hamil 3 Bulan

Nah, seperti itulah perkembangan janin usia kehamilan 3 bulan, luar biasa kan? Tapi bagaimana dengan perubahan yang terjadi pada sang Ibu?

Memasuki fase akhir trimester pertama, Bunda mungkin akan merasa lebih sehat, bagian perut semakin membesar, stretchmark mulai muncul di beberapa bagian tubuh, gairah seks meningkat dan payudara yang mulai mempersiapkan produksi ASI sehingga membuat payudara terasa lebih kencang dan membesar serta pembuluh darah yang lebih jelas dari sebelumnya. Selain itu Bunda juga akan semakin sering bolak-balik toilet untuk buang air kecil.

Fase tumbuh kembang janin selalu mengundang decap kagum apalagi bagi para orangtua. Namun meski begitu ada beberapa hal yang juga wajib Bunda lakukan, apa saja?

  • Selalu penuhi kebutuhan gizi, nutrisi, vitamin dan mineral selama hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin
  • Jangan terlalu lelah dan terlalu stres karena bisa berujung fatal seperti keguguran
  • Penuhi waktu istirahat tapi jangan sampai malas bergerak
  • Dapatkan imunisasi khusus untuk Ibu hamil
  • Tidur dengan posisi menyamping

Tips Saat Hamil 3 Bulan

Inilah hal- hal yang ahrus anda perhatikan dan anda jaga saat hamil 3 bulan.

  • Hindari aktifitas berat
  • Kendalikan emosi
  • Jaga nutrisi
  • Konsultasikan kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan
  • Kurangi frekuensi hubungan seksual
  • Hindari Stress
  • Menghindari Makanan atau Minuman Tertentu

Demikianlah penjelasan dan informasi lengkap mengenai perkembangan janin 3 bulan di dalam rahim anda. Selain itu juga bagaimana cara untuk menjaganya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Selalu ingatlah bahwa kehamilan merupakan pengalaman luar biasa yang anda jalani dalam hidup ini. Jadi selalu jaga kondisi kehamilan anda.

Reply