Dengan Teknologi Tercanggih, Beginilah Cara Kerja Payment Gateway

Dengan Teknologi Tercanggih, Beginilah Cara Kerja Payment Gateway

Sistem pembayaran di era modern seperti sekarang sudah semakin mudah dilakukan. Dengan kehadiran sistem transaksi online gateway yang mempunyai cara kerja payment gateway tercanggih, kini Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke ATM, bank, mengirimkan uang via wesel, atau menuliskan cek. Hanya dengan pembuatan akun khusus kemudian memasukkan nominal uang yang dibaca langsung secara virtual Anda sudah bisa bertransaksi dengan sangat praktis dan mudah.

Berdasarkan definisinya, payment gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi payment menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Tidak hanya itu, sistem transaksi ini juga berlaku untuk payment yang dilakukan secara langsung seperti Mandiri Clickpay, BCA KlikPay, e-Pay BRI, dan CIMB Clicks.

Mekanisme Cara Kerja Payment Gateway Dari Awal Sampai Berhasil Transaksi

Dengan teknologi tercanggih, payment gateway menjadi salah satu perantara website e-commerce teraman yang akan menjamin kenyamanan serta kemudahan Anda selama melakukan transaksi. Dan berikut ini mekanisme kerja layanan payment gateway sampai pada akhirnya transaksi berhasil dilakukan.

  • Pembeli atau konsumen toko online melihat dan memutuskan untuk membeli produk yang dijual berdasarkan informasi yang terhubung pada sumber payment gateway.
  • Selanjutnya payment gateway akan meneruskan informasi yang sudah didapatkannya ke prosesor pembayaran bank Anda.
  • Dari prosesor pembayaran, informasi transaksi akan diteruskan ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan.
  • Tahapan yang terjadi selanjutnya yaitu bank yang bersangkutan akan menerima permintaan transaksi.
  • Selanjutnya informasi tersebut akan diteruskan balasan ke prosesor dengan kode khusus yang menunjukkan hasil akhir dari transaksi yang terjadi.
  • Bank terkait akan memberikan informasi transaksi apakah berhasil atau gagal.
  • Payment gateway akan menerima pesan dari prosesor pembayaran.
  • Informasi ini akan diteruskan ke website Anda dan pemegang kartu sehingga transaksinya dinyatakan berhasil.

Cara Kerja Payment Gateway Yang Mengubah Model Bisnis Semakin Modern

Seiring dengan kehadiran sistem pembayaran tercanggih menggunakan payment gateway, dalam waktu yang cepat model bisnis sudah berubah ke arah transaksi online yang semakin menguntungkan bagi penjual dan pembeli e-commerce. Selain itu, cara kerja payment gateway yang serba otomatis semakin memudahkan siapapun ketika bertransaksi secara online.

Dengan cara kerja yang didukung teknologi canggih tersebut, berikut ini beberapa keuntungan bagi penjual atau pemilik toko online yang menggunakan sistem transaksi payment gateway.

  • Pemilik toko online tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank untuk transaksi, karena sistem pembayaran portal ini bisa menerima dana transfer dari beberapa rekening bank untuk menyalurkan langsung ke satu rekening milik toko online tersebut.  
  • Proses transaksi dan pembayaran bisa lebih cepat dan keamanannya terjamin bahkan ketika melakukan transaksi massal, karena payment gateway ini bisa memproses dalam waktu singkat ratusan bahkan ribuan transaksi.

Untuk mendapatkan semua kemudahan dan kepraktisan dalam proses transaksi, sangat penting bagi para pebisnis untuk memilih payment gateway yang terbaik dan terpercaya. Khususnya di Indonesia, saat ini sudah mulai bermunculan berbagai layanan payment gateway yang bisa dipilih salah satunya untuk memberikan kelancaran dalam bertransaksi online.

Dengan mengetahui cara kerja payment gateway yang serba canggih ini tidaklah heran jika sekarang banyak yang semakin tertarik untuk menggunakannya. Tidak hanya mempermudah transaksi, adanya pembayaran yang dilakukan dengan sistem seperti ini semakin memberikan peluang besar bagi para pebisnis di dunia e-commerce.

Referensi :

https://www.prismalink.co.id/payment-gateway/