Ini Dia Perbedaan Air Ketuban dan Keputihan Saat Hamil

Ini Dia Perbedaan Air Ketuban dan Keputihan Saat Hamil

Sampai saat ini sudah banyak kasus dimana nyawa bayi yang ada dalam kandungan tak dapat diselamatkan karena air ketuban yang merembes. inilah yang sering menjadikan ibu hamil merasa was- was. Namun sayang tak banyak orang yang mengetahui perbedaan air ketuban dan keputihan saat ia sedang hamil. Sedangkan cairan yang keluar sedikit demi sedikit dan membekas pada bagian celana dalam bisa saja bukanlah air ketuban tetapi keputihan.

Lalu sebenarnya bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui dan membedakan air ketuban dan keputihan itu? Ini perlu sekali untuk diketahui oleh ibu hamil agar bila ini diketahui sejak dini akan bisa mengambil tindakan penanganan yang tepat secepatnya.

Ini Bedanya Air Ketuban dan Keputihan

Di bawah ini akan kami jelaskan seperti apa air ketuban dan keputihan itu agar anda bisa membedakannya dengan benar. Namun agar semuanya makin jelas kita akan cari tahu lebih dulu pengertian masing- masing dari air ketuban dan juga keputihan itu sendiri.

Air Ketuban

Pengertian dari air ketuban merupakan sebuah cairan yang berada di dalam ruangan yang telah diliputi oleh selaput janin dan saat makin tua usia kehamilan maka akan makin turun berat jenisnya. Fungsi air ketuban ini untuk melindungi janin dari trauma yang diakibatkan benturan, juga dapat mencegah keringnya tali pusat serta untuk cadangan cairan dan sumber nutrisi bagi janin, menjadi inkubator janin dalam kandungan dan sebagainya.

Keputihan

Sedangkan keputihan ini merupakan sekresi vaginal wanita bisa digolongkan jadi keputihan normal dan juga abnormal. Keputihan normal umumnya terjadi setiap bulan yang muncul menjelang atau sesudah haid. Sementara keputihan abnormal disebabkan oleh infeksi yang bisa menjalar dan menjadikan peradangan pada saluran kencing ini disertai gatal pada area vagina.

Membedakan Air Ketuban dan Keputihan

Jika kita lihat cairan ketuban yang normal itu akan tampak bening tak berwarna atau bisa juga berwarna agak putih keruh seperti air cucian beras. punya bau yang khas dan cairan ini akan merembes keluar dari vagina dan tidak terasa dan tak bisa ditahan oleh ibu. Dalam kondisi ini ada yang disertai kontraksi rahim tapi ada juga yang tidak.

Sedangkan ciri dari keputihan yang normal pada ibu yang sedang hamil memiliki tekstur kental atau encer. Memiliki warna putih agak bening bercampur putih seperti susu dan dapat juga kekuningan. tidak menimbulkan rasa gatal, tak berbau. Dan untuk keputihan yang tidak normal akan menimbulkan bau, warna yang hijau atau putih susu seperti keju dan disertai panas dan gatal diarea kulit genital.

Agar anda merasa yakin sebenarnya cairan apa yang keluar itu, maka anda harus melakukan tes dengan menggunakan kertas lakmus. bila cairan itu membuat kertas lakmus merah berubah warnanya jadi biru berarti cairan itu adalah air ketuban. tetapi bila kertas lakmus itu masih berwarna merah berarti cairan itu bisa jadi keputihan atau urine.

Nah, seperti itulah perbedaan air ketuban dan keputihan pada ibu yang sedang hamil. Jaga selalu kondisi kesehatan saat anda hamil. Luangkan waktu anda untuk melakukan kegiatan senam ibu hamil atau yoga ibu hamil. Selain itu penting untuk perbanyak mengkonsumsi air putih dan mencari cara yang tepat untuk menjaga air ketuban. Jika ibu telah merasakan air ketuban merembes, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Reply