Kumpulan Daftar Kalori Makanan Anda Sehari- Hari Lengkap

Kumpulan Daftar Kalori Makanan Anda Sehari- Hari Lengkap

Mungkin anda sering bertanya- tanya. Sebenarnya apa tugas dan fungsi kalori di dalam tubuh manusia itu? Lantas mengapa kata Kalori menjadi sebuah hal yang begitu menakutkan bagi mereka yang sedang melakukan program diet? kumpulan daftar kalori makanan yang akan kami sampaikan ini bisa memberikan informasi kepada anda agar bisa mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang tepat.

Sebenarnya kalori itu tidak sebegitu menakutkan, sebab anda memerlukan kalori untuk beraktifitas. Akan tetapi jumlah kalori dalam makanan sehari- hari harus anda pahami dengan benar. Begitu pula dengan cara untuk menghabiskan kalori yang ada di dalam tubuh anda bila anda makan sepiring nasi dengan 242 kalori, anda harus menghabiskan kalori tersebut. Kumpulan daftar kalori makanan bisa anda pelajari dalam menerapkan pola makan sehat.

Inilah Kumpulan Daftar Kalori Makanan Untuk Sehari- hari

Kalori adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur nilai energi yang diperoleh tubuh ketika mengkonsumsi makanan/minuman. Sebaiknya anda melihat kadar kalori makanan atau minuman yang dikonsumsi agar asupan gizi anda tercukupi dengan baik. Belakangan ini semakin banyak produk-produk makanan yang dilengkapi dengan daftar jumlah kalori makanan di bagian bungkusnya.

Di dalam makanan kandungan kalorinya bisa ditentukan oleh kandungan gizi yang ada seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang ada di dalam makanan tersebut. Lemak bisa menghasilkan kalori hingga 9 kalori/gram. Sedangkan karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori setiap gramnya. Makanan yang mengandung banyak lemak adalah makanan yang mengandung tinggi kalori. Sebaliknya makanan rendah kalori adalah sayur-sayuran dan juga buah buahan karena mengandung banyak serat serta kadar airnya yang tinggi.

Berikut uraian kandungan kalori dalam hidangan sehari-hari, sebanyak satu kali makan:

* Nasi putih, 100 gram (dua centong penuh, tiga centong datar)

Dalam satu gram karbohidrat terdapat empat gram kalori. Saat anda makan nasi 100 gram, maka 400 kalori sudah diperoleh tubuh. Konsumsi makanan sehari-hari, sumber karbohidrat seperti umbi nasi, atau mi sebagai sumber energi yang utama harus ada. Pastinya porsinya dapat berbeda dalam tiap orang.

* Sayur, 100 gram “Porsi ini dihitung dalam kondisi sudah matang, jadi kandungan airnya sudah banyak.

Mungkin setara satu gelas kecil tanpa kuah. Seperti bayam, daun singkong, kangkung, labu siam, serta sayuran hijau lainnya. Sayur akan dapat memenuhi 50 kalori untuk sehari-hari.

* Lauk, satu potong daging (40 gram) atau satu potong tempe (50 gram)

Dalam satu potong tempe 50 gram terkandung 40 kalori, bila mengambil dua potong maka tubuh mengasup 80 kalori. Sedangkan dalam satu potong daging sapi 40 gram terkandung 95 kalori. Jumlah ini (95 kalori) sama dengan satu potong ayam, satu potong ikan segar seberat 50 gram, tiga sendok makan ikan teri seberat 25 gram, atau 10 butir bakso seberat 100 gram. Jumlah yang sama ditemui juga dalam satu butir bebek atau ayam negeri dengan berat 60 gram.

* Buah, dua butir jeruk (100 gram)

Bisa memberikan asupan 40-80 kalori bagi kebutuhan energi untuk sehari-hari, yang tergantung terhadap banyaknya kandungan air pada buah. Semakin banyak buah terdapat kandungan air, maka kalorinya akan semakin sedikit. Dua buah jeruk yang beratnya 100 gram terdapat 40 kalori. Selain itu kalori yang sama juga bisa diperoleh dari setengah apel seberat 75 gram.

Seseorang dapat mengasup 400-600 kalori secara keseluruhan dalam sekali makan. Dengan asumsi untuk wanita perlu 1.250 kalori tiap hari, dan pria 1.800 kalori per hari. Sehingga nyaris tidak ada lagi kalori yang harus dipenuhi dari camilan. Nutrisi yang terkandung pada nasi, buah, sayur, dan lauk sudah mencukupi kebutuhan tubuh anda.

Reply