Obat Penambah Darah dan Perawatannya Di Rumah

Saat anda mengalami anemia atau kekurangan darah , akan banyak keluhan yang anda rasakan seperti lemas dan pusing. Anemia ini adalah kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah yang sehat yang cukup untuk mebawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Ketika anda mengalami anemia tentunya anda membutuhkan obat untuk menambah darah agar bisa memenuhi kebutuhan sel darah merah untuk menjalankan kembali fungsinya secara normal.

 

Obet penambah darah

Ada banyak jenis obat penambah darah,namun meskipun begitu anda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya, akan lebih baik jika anda memeriksakan dulu ke dokter agar bisa menentukan obat mana yang cocok untuk mengobati anemia anda. Beberapa jenis obat yang biasa disarankan dokter adalah:

Zat besi dan multivitamin

Kekurangan zat besi didalam tubuh merupakan penyebab anemia paling umu, oleh karena itu anda membutuhkan obat yang memiliki kandungan zat besi, hal ini bertujuan untuk memnuhi kebutuhan zat besi serta vitamin yang tidak anda dapatkan dari makanan.

Obat yang mengandung vitamin dan zat besi ini juga biasanya diberikan kepada orang yang sedang berada pada kondisi tertentu seperti sedang hamil,  gangguan pencernaan dan berbagai kondisilainnya.

Minumlah obat ini sesuai dengan resep dokter, jangan mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan dokter. Jangan mengonsumsi multivitamin lain dalam dua jam yang bersamaan. Jika anda sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat anemia.

Epoetin alfa

Obat jenis ini merupakan protein buatan yang akan membantu tubuh memproduksi kembali sel darah merah. Namun ketika anda mengalami gagal ginjal atau sedang menggunakan obat tertentu maka protein ini akan berkurang.

Obat epoetin alfa ini juga biasanya digunakan untuk orang yang sedang menjalani kemoterapi atau penyakit ginjal kronis. Atau kondisi anemia yang disebabkan oleh penggunaan zidovudine yang umum digunakan untuk mengobati HIV. Obat ini juga digunakan untuk mengurangi kebutuhan transfuse sel darah merah untuk orang yang sedang menjalani prosedur tertentu.

Obat jenis ini akan dimasukan kedalam tubuh dengan cara disuntikan pada bagian bawah kulit ataubisa juga dimasukan  ke pembuluh darah melalui infus. Namun jangan gunakan obat ini jika anda memiliki tekanan darah tinggi.

Hydroxyurea

Obat ini akan diberikan untuk penderita anemia  sel sabit untuk mengurangi rasa sakit dan untuk mengurangi kebutuhan transfuse darah. Anemia jenis sel sabit ini merupakan anemia turunan yaitu ketika tidak adanya sel darah merah sehat yang bertugas mengatarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika sel darah yang normal berbentuk bulat, maka sel darah ini berbentuk seperti bulan sabit, lenket bahkan kaku. Sehingga menyebabkan sel darah ini sulit bergerak melalui pembuluh darah sehingga memperlambat bahkan menghentikan aliran darah dan oksigen ke bagaian-bagian tubuh yang membutuhkan.

Dokter akan menyesuaikan resep obat ini sesuai dengan berat badan, hasil tes labolatorium, kondisi kesehatan, serta respon tubuh saat melakukan pengobatan. Obat ini berbentuk kapsul yang dikonsumsi dengan cara meminumnya dengan menelan secara utuh tanpa mengunyah atau menghancurkannya, dan tidak juga dengan cara membuka isi kapsul.

Untuk perawatan anemia selama dirumah sebaiknya anda memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi terutama yang banyak mengandung folat, zat besi, vitamin B-12, tembaga dan vitamin A. hindari mengonsumsi the setelah memakan makanan diatas.  selain itu anda juga harus rutin melakukan olahraga.

Reply