Ragam Kue Tampah Jajanan Pasar yang Legit dan Gurih

Ragam Kue Tampah Jajanan Pasar yang Legit dan Gurih

Kue tampah tersedia dalam beberapa jenis, seperti kue tampah modern, kue tampah tradisional, dan kue tampah kombinasi modern tradisional. Untuk kue tampah tradisional, sajian kue yang digunakan untuk susunan tampahnya menggunakan jajanan pasar. Meski tradisional, kue tampah jajanan pasar ini masih banyak diminati untuk melengkapi berbagai acara, baik formal, semi formal, maupun non formal.

Aneka Jajanan Pasar Untuk Kue Tampah

Berikut adalah beberapa jajanan pasar yang sering digunakan untuk menyusun kue tampah yang perlu anda ketahui.

  1. Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan salah satu jenis kue basah yang biasa kita jumpai saat berbelanja di pasar. Ada beberapa varian kue lumpur yang telah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, diantaranya yaitu kue lumpur kentang, kue lumpur pisang, kue lumpur ubi ungu, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Kue Lapis

Selain kue lumpur, ada juga kue lapis. Kue lapis ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal karena berasal dari tepung beras. Jenis kue lapis ini mempunyai bentuk yang berlapis-lapis dengan warna yang berbeda-beda. Selain enak, kue lapis ini juga sangat cantik. Kue lapis sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman minum teh.

  1. Bakpau

Aneka kue tampah tradisional lainnya ialah bakpau. Bakpau adalah salah satu jajanan pasar yang didalamnya terdapat isian, seperti cokelat, keju, dan lain sebagainya. Supaya tidak terlihat monoton, anda sebenarnya bisa berkreasi dengan menggunakan selai kacang. Selai kacang ini bukan untuk isian, melainkan digunakan sebagai topping bakpau.

  1. Nagasari

Jajanan pasar lainnya yang bisa anda pilih untuk kue tampah ialah nagasari. Kue nagasari disajikan dengan daun pisang sebagai pembungkusnya. Di dalam kue nagasari ini terdapat irisan buah pisang yang manis dan lembut. Dijamin anda akan ketagihan ketika mencicipi kue nagasari ini.

  1. Wingko

Kue tampah juga terlihat menarik dengan adanya wingko. Wingko adalah jajanan pasar yang namanya sudah sangat familiar. Untuk membuatnya, anda bisa berkreasi dengan menggunakan labu kuning sebagai bahan baku utamanya. Wingko yang terbuat dari labu kuning ini tentu saja memiliki cita rasa yang khas tersendiri berbeda dengan rasa wingko pada umumnya.

  1. Onde-Onde

Onde-onde ini juga biasa disebut dengan nama kue buih. Dengan taburan wijen di atasnya, kue onde-onde ini begitu gurih dan enak untuk dinikmati. Dengan ukurannya yang kecil, anda tidak akan merasa terlalu kenyang ketika mengonsumsinya. Onde-onde termasuk salah satu jajanan pasar yang sampai saat ini masih lestari.

  1. Wajik

Selain onde-onde, jajanan pasar lainnya yang masih lestari ialah wajik. Kue wajik ini dibuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan gula jawa. Gula jawa itu sendiri berasal dari nira kelapa. Dengan adanya paduan gula jawa, kue wajik ini terasa legit dan lezat. Kue wajik ini sangat cocok disajikan untuk acara hajatan, seperti halnya khitanan dan pernikahan.

  1. Klepon

Semua orang pasti tak akan menolak ketika diminta untuk mencicipi kue klepon. Kue klepon ini memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, kue klepon juga legit. Saat anda menggigit kue klepon pertama kali, anda akan dikejutkan dengan letupan isinya. Dijamin anda ketagihan mencicipi kue klepon.

Selain jajanan pasar di atas, kue tampah jajanan pasar masih bisa dilengkapi dengan beragam jenis kue lainnya sesuai kebutuhan dan selera anda. Hanya saja, pastikan juga sesuai dengan budget yang anda siapkan.

Reply